Algoritma pada games "Leap Frog"
Algoritma DFS diimplementasikan
pada game leap frog ini untuk menentukan langkah terbaik sehingga didapatkan
suatu solusi, yaitu kedua kelompok katak bertukar posisi. Saat katak melakukan
lompatan ke sebuah batu yang kosong, algoritma DFS mencari
kemungkinan-kemungkinan posisi para katak selanjutnya dan melakukan pencarian
kembali. Pemodelan masalahnya adalah :
·
Katak berwarna hijau : h1 h2
·
Katak berwarna coklat : k2 k1
·
Angka 0 ( nol ) merupakan ruang kosong yang terdapat pada
permainan ini, yaitu batu yang tidak ditempati katak
·
Ruang keadaan awal :
[ h1 h2 0 k2 k1]
·
Ruang keadaan akhir :
[ kn kn 0 hn hn ]
|
Pada gambar pohon
pencarian di atas, kotak pertama merupakan ruang keadaan yang menggambarkan
kemungkinan posisi-posisi katak, dan kotak kedua yang berisi huruf abjad adalah
kode simpul untuk mengidentifikasikan node pada pohon tersebut. Solusi permainan terdapat pada simpul V.
Untuk memudahkan
pencarian dengan algoritma DFS, digunakan struktur data stack berjumlah 2, yang
bernama open, untuk menyimpan simpul yang sedang dikunjungi, dan closed untuk
menyimpan simpul yang telah dikunjungi. Langkah - langkah penelusuran tersebut
adalah :
Berantakan banget neng blognya,..Tapi isinya Mantap :)
BalasHapusini bisa digunakan untuk jarak pendek / TSP gk ??
BalasHapus