Selasa, 05 Oktober 2010

Komputer dan seni

KOMPUTER DAN SENI

Kelompok 8
·        Ananda Bunga Firdaus
·        Chyntia Yunita Prameswari
·        Muhamad Roby Saputra
·        Putri Khairani Khoto
·        Rosindah Oktaviani


TEORI     
Perkembangan teknologi yang begitu pesat telah dirasakan hampir di berbagai bidang termasuk seni. Seni seperti yang kita tahu, tidak hanya terdapat seni tari, seni bela diri, seni musik, seni gambar dll. Tetapi ada yang dinamakan seni komputer, yaitu seni yang diciptakan dengan bantuan komputer. Seni komputer  terdapat beberapa macam seperti seni audio, seni video , serta seni gambar (multimedia).  Apalagi dengan bantuan internet, semua teknologi dapat dengan cepat diketahui publik dan juga setiap lapisan masyarakat dengan mudah dapat mengaksesnya.
  

A.  Komputer dan Seni
Komputer  ialah suatu perangkat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Dalam hal ini, banyak sekali manfaat dari penggunaan komputer itu sendiri, salah satunya adalah di bidang seni. Bidang seni tersebut dapat berupa gambar, suara, dan lain-lain. Manusia banyak di bantu dalam berbagai hal, diantaranya ialah proses membuat gambar (Creating image), mengubah gambar (image Processing), maupun menyajikan gambar (image Presenting).

Gambar yang diproses secara komputerisasi dapat berupa gambar apa saja dalam berbagai bentuk, mulai dari 2 dimensi hingga 3 dimensi. Dalam menggambar dengan sistem komputer, gambar dibedakan datarn beberapa format yaitu:
§  Web Pages (HTML) yaitu format gambar berbasis web.
§  GIF (Graphics Interchange Format) yaitu format untuk gambar yang dibentuk oleh berbagai garis dan hanya menggunakan beberapa warna.
§  JPEG (Joint Photographic Experts Group) yaitu format untuk gambar yang dibentuk oleh banyak warna dan spectrum sepeti foto.
§  TIFF (Tagged Image Format File) yaitu format gambar dengan kualitas tinggi (percetakan)
§  GIF (Graphics Interchange Format) yaitu format gambar yang biasa dipakai untuk desain website.

Format gambar di tentukan oleh jumlah warna yang membentuknya. Berikut adalah klasifikasi gambar berdasarkan warna yang membentuknya.
- 16 colors (GIF)
- 256 colors (GIF or JPG)
- 16 million (JPG)


B.  Aplikasi Pengolah Citra
Pengolah citra (Image Processing) merupakan bidang kajian yang berkembang pesat dan telah diterapkan dalam beberapa aplikasi, maksudnya adalah pemrosesan dengan menggunakan komputer untuk menghasilkan gambar (citra) yang lebih baik sehingga mudah dikenal oleh manusia maupun mesin. 

Citra (Image) ialah salah satu komponen multimedia yang memegang peranan penting sebagai bentuk informasi secara visual. Contohnya adalah MMS (Multimedia Message Service) yang dapat mengirim pesan berupa gambar, suara, maupun video. Pada umumnya, citra memiliki intensitas cahaya pada bidang 2 dimensi.
  
Pengolah citra dapat dilakukan karena ada beberapa faktor, diantaranya :
  • Memodifikasi Citra perlu dilakukan untuk menigkatkan kualitas obyek tersebut dan menonjolkan beberapa aspek informasi yang terkandung di dalam citra itu sendiri. 
  • Elemen di dalam citra perlu di kelompokan, dicocokan, atau diukur.
  •  Sebagian Citra perlu digabung dengan bagian citra lain.

Aplikasi pengolah citra mempunyai program yang sangat luas dalam berbagai bidang kehidupan, diantaranya ialah :
A.    Bidang Perdagangan (misal ; pembacaan bar code).
B.    Bidang Militer (misal ; mengenali sasaran peluru melalui sensor).
C.    Bidang Kedokteran (misal ; Hasil Ronsen).
D.    Bidang Musik (misal ; Rekaman lagu).
E.     Hiburan (misal ; Game).
F.     Hukum (misal ; Pengenalan sidik jari)


C.  Komputer Audio dan Musik
Komputer juga berperan penting dalam dunia perindustrian musik, terutama dalam hal merekam lagu, mengedit lagu, atau hanya sekedar bermain alat musik (seperti guitar,       piano, dan lainl-lain). 

Untuk menghasilkan suatu karya musik yang indah, tidak hanya dibutuhkan kepiawaian dalam bermainnya, akan tetapi komputer telah menunjukkan perannya dalam membantu manusia guna mewujudkan karya yang indah dan enak di dengar. Hal ini dapat berupa sound effect, recording, maupun dalam music arranger. Kali ini akan dibahas sedikit mengenai music arranger.

Berikut adalah penjelasan selengkapnya :

MUSIC ARRANGER
Langkah – langkah persiapan alat dalam Music Arranger : 
  • Sebuah computer yang lengkap dengan menggunakan soundcard.
  • Kabel Midi berfungsi untuk mengubah file Audio menjadi file ­Midi. Dalam hal ini tidak  dijelaskan secara rinci karena masih langka untuk didapat.
  • Mixer berfungsi untuk mengatur volume secara manual.

Dalam penggunaan software ini, file untuk mengedit terbagi menjadi 2, yaitu : Audio dan Midi. Dalam penggunaan dapur rekaman, orang‑orang banyak menggunakan midi disebabkan oleh mudahnya untuk mengedit suara yang keluar, misalnya Suara gitar diedit menjadi suara keyboard. Dalam hal ini, untuk mengubah suara gitar menjadi keyboard amatlah sulit, karena software yang dijual di Indonesia masih langka.

Mula‑mula, komputer hanya memitiki speaker internal yang cuma memperdengarkan bunyi yang lebih cocok untuk isyarat-isyarat tertenntu, kemudian dengan berkembangnya alat pengolah audio yang lebih canggih, biasanya sound card kualitas suara yang diperdengarkan komputer juga menjadi lebih baik. Speaker internal tidak lagi mencukupi dan speaker tambahan yang mampu mengeluarkan suara lebih jernih serta bertenaga kemudian menjadi kebutuhan.

Suara yang keluar dari komputer ini umumnya berupa perintah,petunjuk,peringatan, maupun musik, (baik instrumental maupun vokal). Komputer tentu saja 'mendengar' suara ini sebagai sebuah data. Data ini disimpan dalarn media dalam bentuk file.

 Berikut adalah format file dari sebuah lagu komputer, diantaranya :
  1.  MIDI : Format audio satu ini lebih cocok untuk suara yang dihasilkan oleh synthesizer atau peranti etektronik tainnya, tetapi tidak cocok untuk hasil konversi dari suara analog karena tidak terlalu akurat. File dengan format ini berukuran kecil dan akhir‑akhir ini sering digunakan dalam ponsel sebagai ringtone.
  2. MP3 : MPEG (Motion Picture Experts Group) Audio Layer 3 atau biasa dikenal sebagai MP3 merupakan format yang paling popular dalam musik digital. MP3 memiliki kompresi yang baik sehingga ukurannya relatif kecil.
  3.  WAV : WAV (Waveform Audio Format) merupakan format audio yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft dan IBM. Format audio wav umumnya dapat menampung audio dalam bentuk kompresi, namun disisi lain format wav bukan audio yang terkompres.
  4. AAC : AAC (Advanced Audio Coding) merupakan format audio yang terkompresi. AAC umumnya memiliki kualitas suara yang lebih baik dibandingkan dengan MP3. Ukuran kualitas suara (bitrate) dari AAC ialah mencapai 96 KHz, atau 2 kali MP3 yang hanya mencapai 44 KHz.

            Driver sound card untuk windows     :
1.     MME
      Pada awalnya ada MME, tapi tanpa standard untuk high-performance dan oleh sebab itu dihindarkan oleh pengguna profesional, driver ini merupakan sebuah standard Microsoft yang mudah dalam pembuatan code nya. Setiap aplikasi audio berdasarkan Windows akan begitu mendukung keberadaan ini, merupakan bagian yang dasar dari windows dan jika aplikasi tersebut tidak men support driver ini maka aplikasi-aplikasi ini tidak akan bisa berjalan. Jadi, jika kita tidak punya pilihan lain, kita dapat selalu memastikan setiap aplikasi audio akan menggunakan driver ini.

2.     WDM
      WDM adalah standard paling baru untuk driver multimedia di sistim operasi Windows. Dimulai dengan Windows ME dan dilanjutkan sampai Windows 2000 dan XP. Sekarang ada patches untuk membuat WDM berjalan di Windows 98 Second Edition. tapi ini tidak akan berjalan pada Windows 98 original release. Driver ini lebih tinggi kemampuannya daripada driver MME, sebanding dengan ASIO, berkemampuan seperti WDM yang sangat bergantung pada para pembuat Sound Card dan driver.

3.     ASIO
      ASIO adalah sebuah protokol transfer audio beragam channel  yang digunakan oleh banyak peralatan MIDI. Driver ASIO telah dikembangkan untuk high-performance dan low-latency yang ditujukan pengguna studio profesional. Oleh karena itu, ini bukan selalu sebuah pilihan, sedikit sound card dan program aplikasi musik mendukung ASIO (Audio Streaming Input/Output).
 
 Sisi Negatif     : 
Akhir‑akhir ini pembajakan terhadap karya seni di Indonesia kian meningkat, sehingga merugikan para pemusik tersebut dan tentunya Negara juga dirugikan. Karya musik yang disajikan akhir‑akhir  ini terlalu banyak melakukan perubahan oleh file Midi tersebut   sehingga terdengar rapi dan bagus. Sehingga apabila ada konser Live pasti penonton  kecewa karena apa, yang disajikan tidak sebaik yang di kaset. Misalnya : Konser AM 1,    suara di kaset berbeda dengan penampilan Live, ini disebabkan converter[ Proses Edit ] yang berlebihan.


Sisi Positif      :
Bagi pendatang baru yang ingin terjun ke dunia musik tetapi tidak mempunyai    kemampuan yang lebih, maka dapat menggunakan file Midi tersebut. Karena dengan menggunakan file Midi ini apa saja dapat terjadi, suara yang sember bisa terdengar enak.


D.    Multimedia dan Internet
Multimedia merupakan suatu perangkat lunak yang menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, maupun video dengan alat bantu dan terkoneksi sehingga pengguna dapat berinteraksi, berkarya, dan berkomunikasi.

Multimedia biasa digunakan dalam dunia hiburan, game, pendidikan, bisnis, dan lain-lain. Dalam dunia pendidikan, multimedia digunakan untuk melakukan proses belajar mengajar baik di dalam kelas maupun diluar kelas. Belajar dengan fasilitas multimedia memudahkan pelajar dalam memahami pelajaran. Selain itu multimedia digunakan juga dalam dunia bisnis. Penggunaan multimedia dalam dunia bisnis memudahkan pengusaha dalam mempromosikan usahanya serta menghemat biaya oprasional yang dikeluarkan.

Terdapat dua jenis software multimedia, yaitu presentation dan intercative. Penyajian informasi dalam presentation bersifat sekwensial seperti dalam tv atau bioskop, sementara penyajian informasi dalam interactive dalam mengikuti kehendak pemakai melalui media interaksi yang disediakan.

Internet (Inter-Network) adalah sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia.

Untuk tersambung ke jaringan internet, pengguna harus menggunakan layanan khusus yang disebut ISP (Internet Service Provider). Media yang umum digunakan adalah saluran telepon atau biasa disebut PPP (Point to Point Protocol). Pengguna jaringan juga dilengkapi peralatan modem (modultor and demodulator) dengan melakukan dialup ke server milik ISP. Begitu tersambung ke server ISP, komputer si pengguna sudah siap digunakan untuk mengakses jaringan internet. Pelanggan akan dibebani biaya pulsa telepon plus layanan ISP yang jumlahnya bervariasi tergantung lamanya koneksi.

Dalam penggunanya multimedia dan internet saling bersinergi satu sama lain. 
contoh yang populer saat ini adalah maraknya penggunaan game online dikalangan remaja, penggunaan email untuk mengirim data berupa video/lagu, penggunaan jaringan sosial seperti facebook dan masih banyak lagi contoh-contoh yang lain.
Berbagai macam software multimedia       :
‑ Paint Et Draw Programs Paint
‑ Microsoft Paint
‑ L view Pro
- Paint Shop Pro
‑ Corel Photo‑Paint Draw
ACD SEE
‑ Corel Draw


Keuntungan menggambar dengan komputer :
1.  Tidak dibutuhkan ruang yang besar untuk meja gambar
2.  Tidak menimbulkan sampah kertas karena kesalahan menggambar
3. Dapat diciptakan gambar yang sangat sulit di buat manusia.

 

Studi kasus

Penggunaan komputer dalam bidang seni sangatlah banyak.mulai dari proses arranger musik, mengedit gambar /foto,pembuatan film animasi yang menarik dan masih banyak lagi. Dalam studi kasus kali ini kami akan membahas penggunaan komputer khususnya untuk memodifikasi gambar/foto. Software yang sering digunakan untuk  memodifikasi gambar/foto adalah  ADOBE PHOTOSHOP. Contoh penggunaan Photoshop dalam memodifikasi gambar /foto bisa kita lihat seperti gambar di bawah ini


 



Photoshop sendiri adalah software yang digunakan untuk memodifikasi gambar atau foto secara professional baik meliputi modifikasi objek yang sederhana maupun yang sulit sekalipun. Photo shop mempunyai tool  dan efek yang lengkap.maka dari tiu banyak dari kalangan professional menggunakan software ini.

Ada 4 menu utama yang terdapat pada photoshop.
a)     Menu bar
menu bar adalah munu pulldown yang berisi printah-perintah dalam photoshop seperti menu file,edit,image,layer,select,filter,view,window,help. Baris menu ini tekelompok berdasarkan topiknya.
b)     Toolbox 
toolbox adalah alat-alat yang digunakan untuk memodifikasi image (gambar atau foto). Alat-alat ini juga dikelompokan berdasarkan jenisnya.
       c)     Canvas
Canvas adalah bidang yang digunakan sebagai tempat untuk meletakan image.biasanya ukuran canvas akan sama dengan ukuran image,tetapi dalam photoshop kita dapa merubah ukuran canvas dan image sesuai dengan kebutuhan.kalau kita memunculkan canvas baru biasanya ada 3 pilihan yaitu canvas yang putih,berwarna,dan transparan.
d)     Window pallete 
Window pallete adalah window yang berguna untuk memilih atau mengatur berbagai para meter pada saat menyunting image dalam photoshop.untuk menampilkan window pallete dapat kita lakukan dengan cara memilih menu window kemudian pilih  pallete yang di munculkan.

Selain menu-menu utama diatas masih banyak fasilitas lain yang dapat memudahkan kita dalam memodifikasi foto. Menu-menu ini terdapat pada toolbox yang biasanya ada di sebelah kiri layar photo

Referensi          :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers