Minggu, 02 Oktober 2011

Pengenalan dan Sejarah Internet

Pengenalan dan Sejarah Internet

A.    Pengenalan Internet
Apakah internet itu? Banyak sebutan yang diberikan oleh para penggunanya antara lain Cyber, e-world, Dunia Maya dan sebagainya. Sebenarnya tidak ada definisi khusus tentang internet, ataupun kepanjangan dari kata internet itu sendiri, karna internet bukanlah sebuah singkatan.

Sebagai gambaran umum, Internet adalah suatu jaringan komputer global yang terbentuk dari jaringan-jaringan komputer lokal dan regional, yang memungkinkan adanya komunikasi antar komputer-komputer yang terhubung ke jaringan tersebut.




B.    Sejarah Internet
Internet awalnya merupakan suatu rencana dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Departement of Defense) sekitar tahun 60’an. Dimulai dari suatu proyek yang dinamakan APARNET (Advanced Research Projects Agency Network).

Beberapa universitas di Amerika Serikat, diantaranya UCLA, Stanford, UC Santa Barbara dan University of Utah, diminta untuk membantu dalam mengerjakan proyek ini dan awalnya telah berhasil menghubungkan 4 komputer di lokasi universitas yang berbeda.

Perkembangan APARNET ini cukup pesat jika dilihat perkembangan komputer pada saat itu. Seperti gambarannya pada tahun 1977, APARNET telah menghubungkan lebih dari 100 mainframe komputer dan saat ini terdapat sekitar 4juta host jaringan tang terhhubung.

Jumlah sebenarnya dari komputer yang terhubung tidak diketahui secara pasti, karna perkembangan jumlah komputer yang terhubung dengan suatu jaringan semakin lama semakin besar.

Karna perkembangannya yang sangat pesat, jaringan komputer ini tidak dapat lagi disebut dengan APARNET, karna banyaknya komputer regional yang terhubung. Konsep ini kemudian berkembang  dan dikenal dengan konsep Internetworking. Oleh karna itu, istilah internet menjadi semakin populer, dan orang meyebut jaringan besar komputer tersebut dengan istilah internet.



Sumber : 
Buku Pengantar Internet – Lepkom Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers