Selasa, 22 Februari 2011

Manusia dan Kebudayaan



Dalam pemikiran di sebagian besar masyarakat, kata 'Kebudayaan' cenderung terbatas memiliki arti pada sesuatu yang indah , seperti tarian, sastra, candi or whatever like that.

Tetapi dalam buku "The Cultural Back-ground of Personality" karangan Ralph Linton memiliki pandangan yang berbeda. Pendapat beliau menunjukkan bahwa kebudayaan memilki beberapa aspek yang meliputi cara-cara berlaku, kepercayaan, sikap serta hasil dari kegiatan manusia yang khas untuk suatu kelompok manusia (masyarakat) tertentu.


Sedangkan 'Kebudayaan' menurut ilmu antropologi adalah seluruh gagasan, tindakan, serta hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikkan milik diri manusia dengan belajar (Koentjaningrat, 1996;72).

Dari sedikit pengertian kebudayaan tersebut, kebudayaan dan manusia memiliki hubungan yang sangat erat karna pada hakikatnya kebudayaan adalah suatu hasil karya,gagasan dan tindakan manusia itu sendiri. Dengan begitu, dapat kita katakan bahwa hampir semua tindakan atau perilaku manusia adalah  sebuah 'Kebudayaan'. Mungkin hanya sebagian kecilnya saja dari tindakan manusia yang tidak dibiasakan/tidak dipelajari seperti naluri atau refleks. Yaaah contohnya saat kita tiba-tiba dikagetkan teman kita saat kita sedang ketakutan , kadangkala secara otomatis tangan kita bergerak otomatis *pukul. haha . Padahal kita tidak terbiasa untuk memukul orang tentunya. :D :D :D

Tetapi anehnya, zaman sekarang kebudayaan Indonesia semakin menyusut, yang ada kebudayaan Luar (barat) yang kian merajalela. Contoh gampangnya, dahulu Gadis-gadis di Indonesia sangat bangga dengan warna hitam rambut mereka. Tetapi sekarang gadis-gadis banyak yang berlomba-lomba untuk mengecat rambut mereka dengan berbagai variasi warna seperti coklat atau pirang. Begitu pula dengan seni tari kita, yang dahulu banyak dipuji orang, sekarang bahkan banyak orang yang kurang mengenal dengan tarian asli dari masyarakat Indonesia itu sendiri. Tidak heran waktu itu sempat beredar berita bahwa Seni tarian kita sempat dihak millikkan oleh negara lain.

Yaah intinya solusi terbaik adalah dari sedari dini perlu diperkenalkan dan mempelajari berbagai seni seni yang menjadi kebudayaan masyarakat Indonesia. Karna..........
Kebudayaan ada karna kebiasaan dari manusia nya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers