Selasa, 22 Februari 2011

Manusia dan Cinta Kasih

 
Sebelum kita membahas tentang hubungan keduanya, apa sih 'Cinta Kasih' itu. Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya W.J.S Poerwadarminta, 'Cinta' adalah rasa sangat suka, sayang, kasih ataupun ketertarikkan (kepada). Sedangkan 'Kasih' adalah perasaan sayang/cinta dengan disertai rasa belas kasihan.

Karna itu Cinta kasih dapat diartikkan adalah perasaan cinta kepada seseorang dengan disertai rasa belas kasihan.

Jelas apa perbedaan dari Cinta dan Kasih tersebut ???
Perbedaan nya Cinta adalah rasa yang mendalamnya seperti rasa cinta sesama manusia yang menjadikkan adanya pernikahan dan pembentukkan suatu keluarga serta Cinta kepada Allah SWT sehingga kita menjalani apa yang menjadi kewajiban kita sebagai umatnya dan menjauhi apa yang dilarang-Nya. Sedangkan Kasih adalah lebih pada keluarnya, jadi dengan bersumber pada Cinta yang mendalam itulah kasih dapat diwujudkan secara nyata.

Kembali ke Judul utama, yaitu Manusia dan Cinta Kasih. Adakah manusia yang tidak memiliki cinta kasih dihatinya ???? I guess NO!!

Manusia pasti memilki rasa Cinta Kasih biarpun mungkin kadar dan tujuan orang tersebut berbeda-beda. Sesadis-sadisnya seorang pembunuh berdarah dingin pasti tetap memilki rasa Cinta Kasih di hatinya semisal mungkin pada Keluarganya ataupun pasangannya.

Yaah, jadi jelas hubungan antara manusia dan cinta kasih tidak dapat dipisahkan. Karna Cinta Kasih nya sendiri saja sudah mengandung arti tentang ketertarikkan (rasa sayang/cinta) dari dri manusia yang satu ke manusia yang lain ataupun kepada sang Pencipta-Nya. Manusia sendiri misal tanpa Cinta Kasih akan menjadi apa??? hidupnya akan penuh kecurigaan, dendam, amarah yang tentu malah tambah ribet aja hidupnya. 
 
Cinta menjadikkan dunia ini damai dengan kasih menjadikkan manusianya memilki sifat senang menolong dan senang memberi pada yang membutuhkan karna dia memilki rasa iba dihatinya saat melihat orang lain yang membutuhkan. Jadi kalau saja semua orang memilki rasa Cinta Kasih tersebut yang tentu bukan hanya pada orang-orang yang dekat dengan mereka. Mungkin kita tidak perlu lagi melihat Pembunuhan, kasus kejahatan serta Perang yang hanya membuat dampak negatif tanpa ada dampak positif yang cukup penting/berpengaruh pada orang banyak.

Kurang lebihnya mohon maaf, bila ada yang salah tulis. Intinya....

" Mari kita hidup damai !! "  ^-^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers