Kamis, 03 November 2011

Komponen-Komponen Komputer

Komponen Komputer adalah semua piranti elektronik yang terdapat dalam sebuah komputer. Piranti ini dapat pula disebut dengan perangkat keras (Hardware).

Komponen komputer dapat dikategorikan menjadi 2 macam yaitu Komponen utama dan komponen tambahan. Komponen utama merupakan komponen yang mutlak harus ada agar sebuah komputer dapat befungsi sedangkan komponen tambahan hanya sebagai pelengkap atau menambah fungsi dari komputer tersebut.

Berikut beberapa komponen :
  1. Motherboard, Merupakan bagian vital dari sebuah komputer karna bagian ini berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Ada beberapa jenis mothrboard yang terkenal, yaitu : MSI, Intel, Gigabyte, ECS, Soltek, FIC, ASUS, Epox, Soyo dan Iwill. 
  2. Processor, merupakan otak komputer tersebut. Memiliki tugas untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan. Pilihan untuk processor tidak terlalu banyak, seperti AMD, intel pentium dan sebagainya.
  3. RAM,  singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random. Jenis-jenis RAM diantaranya EDO RAM, SIMRAM, SDRAM, DDRAM dengan kapasitas memori yang bervariasi.
  4. Harddisk, komponen komputer tempat kita menyimpan data. Semakin besar kapasitas hard disk yang  dimiliki di komputer, semakin banyak juga data yang bisa disimpan di komputer tersebut.
  5. Diskdrive, tanpa komponen ini komputer seperti terisolasi dari dunia luar, terisolasi dari dunia luar maksudnya kita akan kesulitan jika suatu saat ingin meng-copy data, meng-install program, menonton film VCD atau DVD, yang semuanya tersimpan di dalam sebuah keping CD atau DVD. Optical Disc Drive ini bisa berupa CD-ROM, DVD-ROM, DVD-RW, Blue-Ray, atau lain sebagainya.  
  6. Monitor, adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar yang di-output dari video card. Monitor komputer yang banyak tersedia di pasaran saat ini adalah monitor CRT (monitor tabung) dan monitor LCD.
  7. Mouse, komponen komputer inputan yang berfungsi untuk menggerakan cursor di layar monitor kita dan untuk meng-klik sesuatu seperti tombol-tombol di sebuah program aplikasi. 
  8. Keyboard, komponen komputer inputan yang berfungsi sebagai alat untuk mengetikkan sesuatu. Selain keyboard standard, keyboard komputer saat ini memiliki model bermacam-macam, seperti keyboard mini, keyboard fleksibel yang bisa dilipat, keyboard wireless yang menggunakan bluetooth, dll.
  9. Printer, merupakan komponen output yang digunakan utuk mencetak dokumen, foto, atau file-file yang diinginkan. Kemampuan setiap printer berbeda-beda ada yang termasuk mesin fotokopi dan scanner.


referensi :
Buku : Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) - INTI PRIMA
Buku : Merakit & Merawat Komputer Pribadi - Puspa Terampil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers