Kamis, 06 Desember 2012

Konsep Dasar Basis Data, Istilah-Istilah Basis Data dan Komponen Basis Data


Konsep Dasar Basis Data, Istilah-Istilah Basis Data
dan Komponen Basis Data

a)     Konsep Dasar Basis Data
                        Data adalah representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai, mahasiswa, pembeli), barang, hewan, peristiwa, konsep, keadaan, dan sebagainya yang direkam dalam bentu angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi atau kombinasinya.

            Definisi Basis Data:
a.      Menurut Silberschatz, dkk (2002) : kumpulan data berisi informasi yang sesuai untuk sebuah perusahaan.
b.      Menurut Mc Leod, dkk (2001) : kumpulan seluruh sumber daya berbasis komputer milik organisasi.
c.       Menurut Ramakrishnan dan Gehrke (2003) : kumpulan data umumnya mendeskripsikan aktivitas satu organisasi atau lebih yang berhubungan.

Dapat disimpulkan Basis Data adalah mekanisme yang digunakan untuk menyimpan informasi atau data. Informasi adalah sesuatu yang kita gunakan sehari-hari untuk berbagai alasan, dengan basisdata pengguna dapat menyimpan data secara terorganisasi. Setelah data disimpan, informasi harus mudah diambil.

Cara data disimpan dalam basisdata menentukan seberapa mudah mencari informasi berdasarkan banyak kriteria. Data pun harus mudah ditambahkan ke dalam basisdata, dimodifikasi, dan dihapus.

DBMS (Database Management System) adalah Perangkat Lunak yang menangani semua pengaksesan ke basis data.
User à database application à DBMS à data base
           
b)                Istilah-Istilah Dasar Basis Data
Enterprise: Suatu bentuk organisasi seperti : bank, universitas, rumah sakit, pabrik, dsb. Data yang disimpan dalam basis data merupakan data operasional dari suatu enterprise. Contoh data operasional : data keuangan, data mahasiswa, data pasien.

Entitas: Suatu obyek yang dapat dibedakan dari lainnya yang dapat diwujudkan dalam basis data. Contoh Entitas dalam lingkungan bank terdiri dari : Nasabah, Simpanan, Hipotik. Contoh Entitas dalam lingkungan universitas terdiri dari : Mahasiswa, mata kuliah. Kumpulan dari entitas disebut Himpunan Entitas. Contoh : semua nasabah, semua mahasiswa


Atribut (Elemen Data): Karakteristik dari suatu entitas. Contoh : Entitas Mahasiswa atributnya terdiri dari Npm, Nama, Alamat, Tanggal lahir.

Nilai Data (Data Value): Isi data / informasi yang tercakup dalam setiap elemen data. Contoh Atribut Nama Mahasiswa dapat berisi Nilai Data : Diana, Sulaeman, Lina

Kunci Elemen Data (Key Data Element): Tanda pengenal yang secara unik mengidentifikasikan entitas dari suatu kumpulan entitas. Contoh Entitas Mahasiswa yang mempunyai atribut-atribut npm, nama, alamat, tanggal lahir menggunakan Kunci Elemen Data npm.

Record Data: Kumpulan Isi Elemen data yang saling berhubungan. Contoh : kumpulan atribut npm, nama, alamat, tanggal lahir dari Entitas Mahasiswa berisikan : "10200123", "Sulaeman", "Jl. Sirsak 28 Jakarta", "8 Maret 1983".

            c)                Komponen Basis Data
Komponen pada basis data terdiri dari :
1.      Data : basis data untuk dikelola
2.      Perangkat Keras: dapat berupa perangkat komputer, media penyimpanan, dan media komunikasi untuk sistem jaringan.
3.      Perangkat Lunak: Sebagai penghubung antara pengguna dan basis data (mengelola basis data). Contohnya: dBase, MS. Access, FoxBase, MSsql server, Oracle.
4.      Pengguna/user. Dibagi menjadi 4 kategori :
a.      System Engineer: Tenaga ahli yang bertanggung jawab atas pemasangan sistem basis data, dan juga mengadakan peningkatan dan melaporkan kesalahan dari sistem tersebut.
b.      Database Administrator (DBA): Tenaga ahli yang mempunyai tugas untuk mengontrol sistem basis data secara keseluruhan, meramalkan kebutuhan akan sistem basis data, merencanakannya dan mengaturnya.
c.       Programmer: Pengguna yang berinteraksi dengan basis data melalui Data Manipulation Language (DML), yang disertakan dalam program yang ditulis dalam bahasa pemrograman induk (seperti C, Pascal, Cobol, dan lain-lain).
d.      Pengguna Akhir
·   Casual User (pengguna mahir): Pengguna yang berinteraksi dengan sistem tanpa menulis modul program.
·   End User (pemakai umum): Pengguna yang berinteraksi dengan sistem basis data melalui pemanggilan satu program aplikasi permanen yang telah ditulis atau disediakan sebelumnya.
·   Specialized / sophisticated User (pengguna khusus): Pengguna yang menulis aplikasi basis data non-konvensional, tetapi untuk keperluan-keperluan khusus seperti aplikasi Pengolahan Citra, Sistem Pakar.



referensi :
http://nuraini.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/27998/SBD1Pertemuan1.pdf
http://artaulinata.blogspot.com/2010/11/komponen-sistem-basis-data.html








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers