Senin, 08 Juli 2013

Metode LSB untuk Deskripsi dan Enkripsi

METODE LSB UNTUK DESKRIPSI DAN ENKRIPSI

Least Significant Bit Insertion Penyembunyian data dilakukan dengan mengganti bit-bit data yang tidak terlalu berpengaruh di dalam segmen citra dengan bit-bit data, Pada susunan bit di dalam sebuah  byte  (1  byte  = 8 bit), ada bit yang paling berarti (MSB) dan bit yang paling kurang berarti LSB). Berikut contoh susunan bit dalam byte :


Keuntungan yang paling besar dari algoritma LSB Insertion adalah cepat dan mudah serta memiliki perangkat lunak steganografi yang mendukung dengan bekerja di antara unsure pokok warna LSB melalui manipulasi lukisan.

Ukuran data yang akan  disembunyikan bergantung pada ukuran  citra penampung. Pada  citra 24-bit yang  berukuran 256 x 256 pixel terdapat 65536  pixel, setiap pixel berukuran 3 byte  (komponen RGB), berarti seluruhnya ada 65536 ´ 3 = 196608 byte. Karena setiap  byte hanya bisa menyembunyikan satu bit  di LSB-nya, maka ukuran data yang akan disembunyikan di dalam citra maksimum 196608/8 = 24576 byte.

Ukuran data ini harus dikurangi  dengan  panjang nama berkas, karena  penyembunyian data rahasia tidak hanya  menyembunyikan isi data tersebut, tetapi  juga nama berkasnya. Semakin besar data  disembunyikan di dalam citra, semakin  besar pula kemungkinan data tersebut  rusak akibat manipulasi pada citra penampung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers