Senin, 08 Juli 2013

Website

A.               Pengertian Website
Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan komponen atau kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi sehingga lebih merupakan media informasi yang menarik untuk dikunjungi. Secara garis besar, website bisa digolongkan menjadi 3 bagian yaitu :
·         => Website Statis
·        =>  Website Dinamis
·        =>  Website Interaktif

Website Statis adalah web yang mempunyai halaman tidak berubah. Artinya adalah untuk melakukan perubahan pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit code yang menjadi struktur dari website tersebut.
Website Dinamis merupakan website yang secara struktur diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain utama yang bisa diakses oleh user pada umumnya, juga disediakan halaman backend untuk mengedit kontent dari website. Contoh umum mengenai website dinamis adalah web berita atau web portal yang didalamnya terdapat fasilitas berita, polling dan sebagainya.
Website Interaktif adalah web yang saat ini memang sedang booming. Salah satu contoh website interaktif adalah blog dan forum. Di website ini user bisa berinteraksi dan beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka. Biasanya website seperti memiliki moderator untuk mengatur supaya topik yang diperbincangkan tidak keluar jalur.


B.               Tujuan Pengguna Website
Perlu dicermati bahwa seorang pengguna interface website dalam berinteraksi memiliki kebiasaan-kebiasaan yang secara global dilakukan oleh seorang pengguna suatu interface pada saat pengguna tersebut berada dalam internet. Kebiasaan tersebut dijabarkan secara singkat dalam perilaku pengguna interface di bawah ini :
1.      Search
Pengguna interface website terbiasa untuk beraktivitas di dalam internet dengan melakukan pencarian untuk menemukan item tertentu, dapat berupa fakta atau potongan informasi. Untuk contoh dalam penggunaannya dapat dianalogikan pada saat membuka search engine, seperti google,  dsb. Aktifitas lainnya yang mungkin digunakan seorang pengguna dapat melakukan promosi, pembelian produk, membuat riset, downloading perangkat lunak, dsb.

2.      Browsing
Hal lainnya yang dilakukan seorang pengguna interface website adalah dengan membaca secara sekilas item yang menarik, fakta atau potongan informasi. Hal tersebut terjadi dikarenakan banyak sekali informasi yang ditampilkan bahkan dalam satu halaman website, maka daya pikat juga menjadi suatu peran penting pada website.

C.               Membangun Sebuah Situs
Untuk memulai dengan suatu rancangan situs yang baik diperlukan beberapa hal yang harus terdapat didalamnya, antara lain pada tahapan Proses Model. Berikut tahapannya :
1.      Mengidentifikasi Sasaran Akhir
Dalam membangun suatu situs tentunya diperlukan sasaran akhir dari pemakai interface, mengapa demikian ? karena sering suatu lokasi jaringan situs digunakan untuk menguraikan suatu organisasi administratif, melainkan tidak untuk memberi pemakai hal apa yang mereka inginkan.
2.      Menjabarkan Daftar dari Topik Isi nya
Melakukan pengungkapan pendapat apapun atau brainstorming ( pendapat yang masih mentah ).
1.      Mengorganisir Isi
2.      Menyediakan Struktur
Setelah materi diorganisir dengan baik, maka materi atau item tersebut diuraikan dengan ringkas dengan menempatkannya pada tingkatan-tingkatan untuk mengikuti kategori dalam sebuah organisasi.
3.      Perubahan Bentuk Isi
Dimulai dengan melakukan transisi ke dalam sebuah halaman, teks, gambaran, interaksi, dll. Dalam suatu situs, gunakan sketsa/rancangan untuk mendaftar dalam melakukan pekerjaan menggambar dan prosesi storyboards atau rancangan kasar. Setelah proses tersebut telah dilalui, maka akan terbentuklah suatu garis besar yang akan sangat membantu dalam melakukan pengorganisasian pemikiran dan rencana.


sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers